Kamu Bukan Hanya Penonton !

tweet

Ah, waktu berlalu begitu cepat, tak terasa hampir sebulan setelah malam itu. Malam yang memaksa saya harus keluar dari kotak nyaman. Berat memang menerima amanah ini. Orang sering salah mengartikan, Sekilas -kadang- saya tampak bisa menjadi pemimpin, padahal sedikit saja di balik terlihat-sepert-bisa-memimpin itu saya lemah, sangat lemah. Too weak.

Entah lah, di rapat itu, saya hanya bisa menerima kenyataan hasil rapat. Beban kah ini? Ah tega sekali mereka meletakkan batu besar di pundakku. Bukan, bukan, mereka hanya ingin agar aku berlatih untuk bisa mengangkat beban itu, menyadarkanku bahwa hidup tak hanya menggenggam kerikil, kadang juga harus memikul beban berat. Bukan begitu?. Entahlah.

Harusnya tongkat kepemimpinan yang dia genggam bisa dipegang hingga garis finish kepengurusan, namun entah kenapa tiba-tiba harus menjadi estafet di tengah perjalanan. Lagi-lagi hanya mereka yang tau. Aku yang tengah menonton, mendukung pertandingan, tiba-tiba di panggil untuk menggatikan posisi pelari itu. Apa? Aku siapa? Kakiku belum pernah dilatih, aku belum bisa berlari?. Tapi tetap saja akhirnya tongkat itu mereka berikan padaku. Di tanganku. Tanganku bergetar. Kugenggam erat. Kupejamkan mataku. Tenang lah…, Bismillah.

Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabann ya. Seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawabannya. Seorang suami adalah pemimpin terhadap keluarganya, dan akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang istri adalah pemimpin dalam rumah suaminya dan akan dimintai pertanggungjawabann ya. Seorang pembantu adalah pemimpin terhadap harta majikannya, dan akan dimintai pertanggungjawabannya. Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawabannya.” (H.R. Bukhari dan Muslim )

4 thoughts on “Kamu Bukan Hanya Penonton !

Silahkan berkomentar disini :)

